PT. KEMILAU NUSA AZURI (KENZ TOURS)

Paket tour terbaik dalam dan luar negeri hanya di www.kenz-tours.com

Wisata Raja Ampat : 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Berlibur ke Raja Ampat

Kawasan wisata Raja Ampat Papua merupakan sebuah tempat wisata yang terdiri dari ribuan gugusan pulau dan terletak di Provinsi Papua Barat. Tepatnya ada 1.846 pulau di kawasan ini, pulau-pulau tersebut ada yang memiliki penduduk ada pula yang tidak.

Di antara ribuan pulau di Raja Ampat, terdapat 4 gugusan pulau utama. Keempat gugusan pulau tersebut adalah: Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Selain ribuan pulau yang masih perawan dan alami, daya tarik utama wisata alam Raja Ampat adalah keindahan panorama bawah lautnya yang mengagumkan.

Rute ke Kawasan Wisata Raja Ampat Sorong

Untuk ke kawasan wisata cantik ini, kita harus pergi ke Sorong terlebih dahulu. Setidaknya ada 4 maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Sorong. Harga tiketnya cukup fantastis kurang lebih sekitar Rp4.000.000.

Begitu sampai di Sorong, Anda bisa memilih melanjutkan perjalanan ke pelabuhan menggunakan kendaraan sewa atau transportasi umum berupa mikrolet (angkot) berwarna kuning. Setelah menempuh perjalanan selama kira-kira 10 menit, Anda akan sampai di pelabuhan Sorong.

Dari pelabuhan, perjalanan akan dilanjutkan dengan kapal menuju Kota Waisai yang merupakan pusat kota Raja Ampat dan terletak di Pulau Waigeo.

Daya Tarik Kawasan Wisata Raja Ampat Papua Barat

Jika berkesempatan mengunjungi atau berlibur ke kawasan wisata Raja Ampat, pastikan Anda melakukan 5 hal di bawah ini,

1. Menjelajahi pulau tidak berpenghuni

Bagi pecinta alam yang senang bertualang, menjelajahi pulau-pulau tidak berpenghuni di Raja Ampat akan menjadi pengalaman tersendiri. Ada tiga gugusan pulau yang biasanya menjadi lokasi trekking favorit wisatawan, yaitu Pulau Waisai, Kabui, dan Pianemo.

Karena tidak berpenghuni, Anda harus berani membuka jalur pendakian. Saat trekking kita akan melewati rimbun pepohonan lebat di tengah hutan, melihat dari dekat fauna khas Papua seperti burung Maleo, dan melihat keindahan flora khas kawasan wisata di timur Indonesia ini.

Meskipun kegiatan ini cukup melelahkan, tetapi rasa lelah tersebut akan hilang begitu kita melihat hamparan keagungan Tuhan yang memesona dan menakjubkan dari puncak pulau.

2. Diving dan snorkeling

Diving dan snorkeling merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur di kawasan wisata Raja Ampat Papua. Kawasan wisata ini terletak tepat di pusat segitiga terumbu karang dunia. Setidaknya tercatat ada 603 jenis terumbu karang keras dan 1.397 jenis ikan di perairan surga dunia ini.

Diving dan snorkeling di kawasan ini akan memberi pengalaman baru. Kita juga bisa melihat secara langsung keagungan Tuhan berupa surga bawah laut yang indah dan berinteraksi dengan ikan-ikan cantik penghuni laut Raja Ampat.

3. Memberi makan ikan

Fish feeding atau memberi makan ikan adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat berlibur di Raja Ampat. Bagi yang tidak menyukai snorkeling atau diving, fish feeding adalah kegiatan yang tepat.

Karena air laut di Raja Ampat sangat jernih, tanpa harus menyelam kita bisa melihat ikan berwarna-warni yang cantik secara langsung. Siapkan saja makanan ringan seperti roti atau biskuit lalu lemparkan ke dalam air. Setelah itu pasti ikan-ikan akan berdatangan.

Tapi ingat, jangan sampai kegiatan ini membuat kita mengotori air laut Raja Ampat yang jernih.

4. Menikmati Sunrise

Sunset dan sunrise di tempat ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu para wisatawan. Namun sunrise di kawasan ini lebih indah daripada sunset-nya. Untuk bisa menikmati sunrise, bangunlah sekitar pukul 5 pagi dan cari tempat terbaik untuk menikmati momen tersebut.

Momen matahari terbit di Raja Ampat tidak ada duanya. Begitu sang surya muncul, cahaya berwarna keemasan akan menyinari setiap jengkal kawasan wisata Raja Ampat dari lautan hingga pulau-pulau kecilnya.

5. Menyaksikan Burung Cenderawasih

Burung Cenderawasih merupakan fauna khas Papua yang cantik dan mulai jarang ditemui. Di sini, Anda dapat melihat burung indah tersebut secara langsung tanpa harus menggunakan teropong.

Spot terbaik untuk melihat fauna ini berada di Pulau Sawing Rai. Kegiatan bird watching diadakan pengelola sekitar dua kali sehari, yaitu pukul 07.00-09.00 pagi dan pukul 16.00-17.00 sore waktu setempat.

Terakhir, pastikan Anda mengabadikan setiap momen terbaik di kawasan wisata alam Raja Ampat dalam bentuk foto atau video. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat berlibur.

facebook twitter google instagram

PT. KEMILAU NUSA AZURI (KENZ TOURS)

Jasa Pembuatan Website