PT. KEMILAU NUSA AZURI (KENZ TOURS)

Paket tour terbaik dalam dan luar negeri hanya di www.kenz-tours.com

Wisata Labuan Bajo: Surga Kecil di Timur Indonesia

Indonesia bagian timur dikenal sebagai kawasan yang kaya akan potensi budaya, alam, dan pariwisata. Kawasan ini memiliki Pulau Bali, Lombok, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua yang mengagumkan. Salah satu tempat wisata menarik di daerah ini adalah kawasan wisata Labuan Bajo NTT.

Labuan Bajo merupakan nama sebuah desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Desa ini dikenal juga sebagai desa komodo karena di dalam wilayahnya terdapat Taman Nasional Pulau Komodo. Taman ini dihuni oleh kurang lebih 2.000 ekor spesies langka tersebut. Tidak heran jika UNESCO memasukkan Labuan Bajo ke dalam World Heritage sebagai kawasan yang harus dilindungi.

Akses ke Labuan Bajo

Labuan Bajo bisa diakses melalui Bali. Jadi jika Anda ingin pergi ke desa ini, Anda harus terbang ke Pulau Dewata terlebih dahulu. Dari Bali, ada 3 macam transportasi yang bisa dipilih, di antaranya:

1. Menggunakan pesawat

Jika memiliki dana lebih, lebih baik gunakan pesawat untuk pergi ke desa ini. Selain lebih praktis, perjalanan menggunakan pesawat juga lebih cepat. Begitu sampai di Bali, Anda akan menaiki sebuah pesawat kecil yang akan membawa Anda ke desa cantik tersebut.

Ada beberapa maskapai jurusan Denpasar-Labuan Bajo yang bisa dipilih. Rentang harganya juga cukup beragam, yaitu sekitar Rp700.000 sampai Rp1.500.000. Penerbangan dari Bali ke kawasan wisata Labuan Bajo akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

2. Menggunakan kapal laut

Selain melalui udara, Anda juga bisa masuk ke kawasan wisata Labuan Bajo melalui laut. Hanya ada dua kapal yang melayani rute dari Bali ke Labuan Bajo, yaitu KM Tilongkabila dan KM Wilis. Perjalanan menggunakan kapal laut menuju Labuan Bajo cukup panjang, yaitu sekitar 36-37 jam.

Meskipun begitu harga tiketnya jauh lebih murah daripada tiket pesawat, yaitu sekitar Rp240.000 per orang termasuk biaya makan 3x sehari. Jika Anda memiliki jiwa petualang dan ingin menikmati panorama laut di kawasan ini, mungkin perjalanan ke Labuan Bajo menggunakan kapal laut bisa menjadi pilihan.

3. Menggunakan bus

Jika menggunakan bus, dari Terminal Ubung (Bali) Anda harus memilih bus jurusan Sumbawa Besar. Dari Sumbawa Besar perjalanan dilanjutkan dengan menaiki travel bernama Titian Emas menuju Bima. Setelah sampai di Bima, Anda bisa menumpang bus kecil untuk sampai ke Pelabuhan Sape. Kemudian dari Sape, Anda bisa langsung menyeberang dengan kapal fery ke Labuan Bajo.

Meskipun kelihatannya melelahkan, perjalanan darat menuju kawasan wisata Labuan Bajo Flores akan mengajak Anda menjelajahi kota-kota di kawasan Timur Indonesia yang belum pernah dilihat. Pengalaman ini tentu akan memperkaya pengetahuan kita.

Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo merupakan kawasan konservasi komodo yang merupakan hewan tertua dan dilindungi. Pulau ini memiliki padang rumput (sabana) yang luas dengan hutan dan perbukitan di sekitarnya.

Tempat wisata di Labuan Bajo ini menawarkan pengalaman menjelajahi (trekking) pulau sekaligus melihat kehidupan liar komodo dari dekat. Ada tiga macam trekking yang bisa dipilih, yaitu short trekk, medium, dan long trekk. Proses trekking biasanya memakan waktu sekitar 1-3 jam. 

Setiap pengunjung akan mendapatkan petunjuk singkat sebelum menjelajahi hutan dan perbukitan di pulau ini. Tidak hanya itu, pengelola juga menyediakan pemandu berpengalaman yang akan menemani proses trekking. Karena meskipun terlihat jinak, komodo sebenarnya merupakan hewan yang berbahaya.

Selain trekking dan berinteraksi dengan komodo, pengunjung juga bisa melihat pantai unik dan memesona di kawasan ini. Pantai tersebut diberi nama Pantai Merah atau Pink Beach. Daya tarik utama pantai adalah hamparan pasir berwarna merah muda yang cantik.

Warna merah muda pada pasir tersebut berasal dari pecahan batu karang berwarna merah di laut yang terbawa ombak dan terdampar di pantai. Pink Beach merupakan tempat wisata di Labuan Bajo dengan keindahan alam bawah lautnya yang memesona. Banyak pengunjung yang melakukan snorkeling dan scuba diving untuk melihat dari dekat gugusan terumbu karang dan biota laut di pantai ini.

Saat sore tiba, Anda bisa duduk di atas pasir merah muda sambil melihat bulatan matahari perlahan tenggelam di telan lautan. Kepergian matahari ke dalam lautan akan meninggalkan goresan jingga di langit biru Labuan Bajo yang memesona. Tidak salah jika kawasan ini disebut-sebut sebagai surga kecil di timur Indonesia.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke kawasan wisata Labuan Bajo yang mengagumkan?

facebook twitter google instagram

PT. KEMILAU NUSA AZURI (KENZ TOURS)

Jasa Pembuatan Website